Thursday, April 21, 2011

Desain meja portable inspirasi puzzle

Selamat malam. sebelum lembur, saya ingin share sebuah desain lagi yang, lagi-lagi, hanya wacana. kali ini adalah desain meja yang terinspirasi dari puzzle. ya, intinya, meja-meja itu bisa dilepas dan di pasang satu sama lain tergantung kebutuhan dengan mudah.

ceritanya, tahun lalu tepatnya, awalnya saya merasa di lingkungan kampus saya (Teknik Arsitektur UGM) sebenarnya merupakan tempat yang membutuhkan banyak ruang untuk mengerjakan tugas baik kuliah maupun apalah, baik sendirian maupun berbarengan. tapi ternyata tidak banyak yang disediakan untuk mengakomodasi kegiatan2 tersebut. jadilah kami bekerja di jalan depan studio,di hall, di selasar depan fotokopian, dan lainnya yang kebanyakan ga ada meja kursi.

di sebuah public space di tengah kampus, ada meja dan kursi yang dapat digunakan. namun jumlahnya yang tidak banyak menyebabkan terjadinya survival of the fastest dalam menggunakannya.


kondisi meja kursi di public space tengah kampus



dari situ, saya yang kebetulan nganggur, punya ide bikin meja yang bisa digunakan saya dan teman2 buat ngerjain tugas atau sekedar mainan laptop.


(sebenarnya, inspirasinya lebih ke karpet puzzle di kamar saya).
ini kondisi meja saat dipake sendirian. konsep puzzle ya dari tepian meja yang bergerigi yang tujuannya bisa dipasangkan sama meja lainnya.



meja yang dipasang jejer 3


meja yang dipasang enam. buat kelompok lebih besar.


sebagai pelengkap, di tiap unit meja ada sepasang 'colokan' (lupa namanya) buat listrik. teruuuusss, kakinya bisa dilipat, dan mejanya bisa ditumpuk di suatu sudut kalau nggak dipake.

dengan meja yang simpel ini dan gampang dibawa-bawa ini, ngerjain tugas di jalan maupun depan potokopian pun bisa pake meja.

namun, sayangnya desain ini hanya berakhir sebagai angan-angan dan belum sempet dibawa ke kajur. soalnya waktu tanya temen, baiknya disertai RAB segala. jadi tambah males. hehe.

saat ini, kampus JUTAP UGM tengah di renovasi dan kayaknya bakal ada banyak solusi buat permasalahan yang saya paparkan di atas.

terima kasih udah baca.

tetap berkarya. salam.

No comments:

Post a Comment